Cara Mencari Volume Lingkaran

3 min read

cara mencari volume lingkaran

Lingkaran adalah bentuk geometri yang sangat penting dalam matematika. Ini adalah himpunan semua titik yang berjarak sama dari titik tertentu yang disebut pusat. Jika anda ingin mengetahuih cara mencari volume lingkaran, maka dapat menyimaknya pada artikel ini.

Pada artikel ini kami akan membagikan kepada pengguna sekalian mengenai cara mencari volume lingkaran, unsur unsur lingkaran, rumus volume lingkaran, dan juga contoh soal. Jadi silahkan anda simak hingga selesai agar dapat mengetahuinya.

Perlu anda ketahui, titik tengah pada lingkaran sering disebuat juga sebagai titik pusat lingkaran. Selain itu, setiap lingkaran memiliki jari jari (r) yang digunakan untuk menentukan jarak antara titik tengan dan titik luar lingkaran.

Tidak hanya itu saja, pada lingkaran ini juga terdapat diameter (d) yang digunakan untuk menentukan titik luar dan juga titik luar yang melewati titik pusat. Beberapa hal itu tentunya akan anda temukan pada bidang datar lingkaran.

Untuk ciri ciri dari lingkaran ini sendiri ialah mempunyai diameter yang membagi menjadi dua sisi panjang sudur sebesar 180 derajat. Nah, untuk lebih jelasnya maka anda dapat menyimak cara mencari volume lingkaran sebagai berikut.

Cara Mencari Volume Lingkaran

cara mencari volume lingkaran

Cara mencari volume lingkaran sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Namun dengan syarat anda harus mengetahui unsur unsur dari lingkaran dan juga mengetahui rumus volume lingkaran untuk menghitungnya.

Jika anda mengetahui kedua hal tersebut, maka anda bisa mengetahui volume lingkaran yang sedang dicari. Tidak perlu khawatir, karena kami disini akan membagikan beberapa unsur unsurnya dan juga rumus yang dapat digunakan.

Untuk itu, anda dapat menyimak pembahasan secara lengkap yang telah kami bagikan dibawah ini. Pastikan anda mengikuti semua pembahasan yang kami bagikan agar nantinya anda dapat mengetahuinya dengan mudah.

Unsur Unsur Lingkaran

Setiap bidang datar yang berebentuk lingkaran akan memiliki unsur unsur di dalamnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang perlu anda ketahui sebelum nantinya menghitung volume lingkaran tersebut.

Adapun unsur unsur lingkaran sebagai berikut:

  • Pusat: Titik pusat adalah titik di dalam lingkaran yang berjarak sama dari semua titik di sekelilingnya. Pusat ini digunakan sebagai referensi untuk mengukur jarak dari setiap titik di sekitar lingkaran
  • Jari-jari: Jari-jari adalah jarak dari pusat lingkaran ke tepi lingkaran atau ke titik mana pun di sekelilingnya. Semua jari-jari dalam lingkaran memiliki panjang yang sama
  • Diameter: Diameter adalah garis lurus yang melalui pusat lingkaran dan menghubungkan dua titik di tepi lingkaran yang berlawanan. Diameter memiliki panjang dua kali dari jari-jari
  • Keliling: Keliling lingkaran adalah panjang lengkung sekelilingnya. Rumus untuk menghitung keliling lingkaran adalah 2πr, di mana “r” adalah panjang jari-jari
  • Luas: Luas lingkaran adalah jumlah semua luas segmen-segmen tak terhingga yang terbentuk oleh jari-jari yang digeser satu sama lain. Rumus untuk menghitung luas lingkaran adalah πr^2, di mana “r” adalah panjang jari-jari
  • Sudut Tengah: Sudut tengah adalah sudut yang dibentuk oleh dua jari-jari yang berbagi titik pusat. Sudut ini memiliki besar 360 derajat dan digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti dalam pengukuran sudut di dalam lingkaran

Silahkan anda pahami beberapa unsur unsur lingkaran yang telah kami bagikan diatas. Dengan anda mengetahui unsurnya, maka untuk melakukan cara mencari volume lingkaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Rumus Volume Lingkaran

Untuk rumus volume lingkaran bisa anda lihat sebagai berikut ini:

V = π x r2

Sebelumnya, perlu diperjelas bahwa lingkaran adalah bangun datar dua dimensi (2D) dan tidak memiliki volume. Volume biasanya terkait dengan bangun ruang tiga dimensi (3D) seperti kubus, bola, atau tabung.

Jika anda ingin menghitung volume bangun ruang yang memiliki dasar berbentuk lingkaran, anda dapat mengggunakan rumus volume tabung atau kerucut, karena keduanya memiliki dasar lingkaran. Berikut adalah rumus-rumus tersebut.

1. Volume Tabung

Volume tabung dapat dihitung dengan rumus:

V = πr^2h

Di mana:

  • V adalah volume tabung
  • π (pi) adalah konstanta matematika yang mendekati 3.14159
  • r adalah jari-jari lingkaran dasar tabung
  • h adalah tinggi tabung

2.Volume Kerucut

Volume kerucut dapat dihitung dengan rumus:

V = (1/3)πr^2h

Di mana:

  • V adalah volume kerucut
  • π (pi) adalah konstanta matematika yang mendekati 3.14159
  • r adalah jari-jari lingkaran dasar kerucut
  • h adalah tinggi kerucut

Contoh Soal

Selain itu, pada pembahasan ini kami akan memberikan beberapa contoh kecil cara mencari volume lingkaran. Untuk itu, silahkan anda simak contoh solanya agar anda bisa mencari volume lingkaran dengan mudah.

1.Sebuah lingkaran mempunyai diameter (d) yaitu 120 cm, berapa luas dari setengah lingkaran itu?

Jawaban:

V = π x r2
V = 3.14 x 60cm x 60cm
V = 11.304 cm2

Jadi, volume lingkarannya adalah 11.304 cm2.

2.Jari–jari dari sebuah lingkaran yakni 21 cm, berapa volume lingkaran tersebut?

Jawaban:

V = π x r2
V = 22/7 x 21cm x 21cm
V = 1.386 cm2

Jadi, volume lingkarannya adalah 1.386 cm2.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mencari volume lingkaran, unsur unsur lingkaran, dan rumus volume lingkaran. Silahkan anda simak pembahasan diatas guna untuk mencara tahu volume lingkaran yang sedang anda cara melalui langkah yang telah kami bagikan.

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan, semoga bermafaat dan jangan lupa untuk di share ke media sosial masing masing. Silahkan anda tinggalkan jejaknya dengan melakukan komentar pada kolom dibawah ini terkait dengan pembahasan diatas.

Cara Download Film Di WeTV

admin
3 min read

Cara Top Up Starbucks Card

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *